Sel. Jun 25th, 2024

missteenageca.com – Olahraga Capoeira adalah seni bela diri yang unik dan penuh dengan sejarah serta budaya. Berikut adalah lima fakta menarik tentang Olahraga Capoeira:

1. Asal Usul di Brasil

Capoeira berasal dari Brasil dan di kembangkan oleh budak Afrika yang di bawa ke Brasil pada abad ke-16. Budak-budak ini menciptakan Capoeira sebagai cara untuk melindungi diri dan melarikan diri dari perbudakan, menyamarkan latihan tempur mereka sebagai tarian agar tidak di curigai oleh penjaga kolonial. Baca Juga Seputar Sepak Bola

2. Kombinasi Seni Bela Diri dan Tarian

Capoeira adalah perpaduan antara seni bela diri, tarian, akrobatik, dan musik. Gerakan-gerakan Capoeira sangat dinamis dan sering kali melibatkan tendangan, jungkir balik, dan gerakan berputar yang kompleks. Elemen tari dan akrobatik membuatnya berbeda dari seni bela diri lainnya.

3. Musik Sebagai Bagian Integral

Musik adalah bagian penting dari Capoeira. Latihan dan pertunjukan Capoeira selalu di iringi oleh musik yang di mainkan dengan instrumen tradisional seperti berimbau, pandeiro (rebana), dan atabaque (drum). Lagu-lagu yang di nyanyikan dalam Capoeira juga memiliki lirik yang mencerminkan sejarah, budaya, dan filosofi Capoeira.

4. Dua Aliran Utama: Capoeira Angola dan Capoeira Regional

Capoeira memiliki dua aliran utama: Capoeira Angola dan Capoeira Regional. Capoeira Angola adalah bentuk tradisional yang menekankan gerakan lambat dan rendah, serta lebih fokus pada ritual dan tradisi.

5. Pengakuan Internasional

Pada tahun 2014, UNESCO memasukkan Capoeira ke dalam daftar Warisan Budaya Takbenda Kemanusiaan. Pengakuan ini menyoroti pentingnya Capoeira dalam budaya Brasil dan dampaknya yang signifikan terhadap identitas budaya di seluruh dunia. Capoeira sekarang dipraktikkan secara global, dengan komunitas-komunitas di berbagai negara yang mempelajari dan mempromosikan seni ini.

Capoeira tidak hanya menawarkan latihan fisik yang intens, tetapi juga memperkaya pemahaman tentang sejarah dan budaya Brasil, menjadikannya seni bela diri yang unik dan berharga.